Legenda sepak bola Brasil,

JAKARTA, eranasional.com –Legenda pemain sepak bola Brasil, Pele, meninggal dunia di rumah sakit Albert Einstein, Sao Paulo, dalam usia 82 tahun pada Jumat (30/12/2022) WIB.

“Sang raja telah meninggal,” demikian pernyataan agen Pele, Joe Fraga, dikutip dari ESPN.

Pihak keluarga juga mengonfirmasi kabar meninggalnya Pele melalui akun Twitter sang legenda.

“Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pele, yang meninggal dengan damai hari ini. Cinta, cinta, dan cinta selamanya,” Tulisnya

Sementara itu Bintang Brasil Neymar menyampaikan pesan belasungkawa dan merasa kehilangan atas meninggalnya legenda sepak bola Brasil Edson Arantes do Nascimento atau Pele.

“Sebelum Pelé, “10” hanyalah sebuah angka. Saya membaca ungkapan itu di suatu tempat, di beberapa momen dalam hidup saya. Tapi kalimat itu, indah, meski tidak lengkap,” tulis Neymar di akun Instagram miliknya pada Jumat (30/12) dini hari WIB.

“Saya akan mengatakan bahwa sebelum Pele, sepak bola hanyalah olahraga. Tapi Pele mengubah segalanya. Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan,” tulis Neymar menambahkan

Neymar juga mengatakan kesuksesan Pele di sepak bola memberikan pesan mendalam bagi orang-orang yang kurang mampu dan kulit hitam untuk maju.

“Itu memberi pesan kepada orang miskin, orang kulit hitam dan segalanya. Ini memberi visibilitas ke Brasil. Sepak bola dan Brasil telah menaikkan status mereka berkat Sang Raja! Dia pergi, tapi sihirnya akan tetap ada. Pele itu abadi!” kata Neymar.

Sebelum meninggal dunia, Pele menjalani perawatan intensif di rumah sakit selama satu bulan terakhir untuk berjuang sembuh dari kanker usus yang dideritanya sejak 2021.

Pele yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu merupakan salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa.

Ia diperkenalkan ke dunia pada usia 17 tahun di Piala Dunia 1958, menjadi pemain termuda sepanjang sejarah turnamen tersebut yang mentas di final dan tampil sebagai juara.

Pele pun mengukir rekor lainnya sebagai satu-satunya pesepak bola yang menjuarai tiga Piala Dunia, yakni pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Dia juga tercatat sebagai top skor atau pencetak gol terbanyak Brasil dengan torehan 77 gol dalam 92 pertandingan