Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri acara HUT PDIP ke-50 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023).

JAKARTA, Eranasional.com – Ada kejadian menarik di acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP ke-50 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1). Ketua Umum membagi-bagikan potongan nasi tumpeng.

Potongan nasi tumpeng itu dibagi-bagikan Megawati ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), setelah itu diberikan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Tak hanya itu, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani, juga mendapatkan potongan tumpeng juga, dan selanjutnya Ketua DPP PDIP lainnya, Prananda Prabowo.

Begitu juga dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey, dan Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung naik ke atas panggung untuk menerima potongan nasi tumpeng.

Awalnya, para elit PDIP itu berkumpul di atas panggung. Kemudian, pembaca acara mempersilakan Megawati untuk memotong tumpeng.

Pada kesempatan itu, ada 50 nasi tumpeng yang sudah disediakan. Salah satunya berada di dalam Aula A1 JIExpo, sedangkan sisanya berada di pelataran.

Di dalam aula, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dipersilakan memegang alat potong. Tumpengan pertama diberikan kepada Presiden Jokowi.

Jokowi menerima tumpengan itu dengan senyum dan sedikit menundukkan kepalanya. Tumpeng berikutnya diterima Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Setelah menyerahkan tumpengan itu, Megawati melakukan foto bersama di atas panggung. Sementara di sisi luar, tumpengan PDIP juga diberikan kepada kader dan masyarakat. Tumpengan yang disi luar berisi buah, sayur, dan bahan pokok lainnya.

Setelah acara tumpeng itu selesai, kegiatan HUT PDIP ditutup dengan pembacaan doa yang dibawakan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

Sekadar informasi, pada 10 Januari 2023, PDIP merayakan HUT ke-50 sebagai bagian dari konsolidasi partai dalam rangka pemenangan Pemilu 2024.

Parpol berlambang banteng moncong putih itu mengusung tema “Genggam Tangan Persatuan dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam” dengan sub tema “Persatuan Indonesia untuk Indonesia Raya dalam Perayaan HUT ke-50”.