Ketua Umun Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan KTA dan mengenakan jaket Partai Golkar kepada Ridwan Kamil di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, 18 Januari 2023 (Foto/ISTIMEWA).

JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara soal peluang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Menurut Airlangga, Ridwan Kamil akan diberikan peran strategis menyosong Pilpres 2024, meskipun Airlangga tidak menyebutkan cawapres.

“Partai Golkar welcome terhadap tokoh masyarakat termasuk Kang Emil yang kita buktikan diberikan peran yang cukup strategis,” ujar Airlangga usai penyerahan kartu tanda anggota (KTA) Partai Golkar kepada Ridwan Kamil di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (18/1/2023).

Airlangga menegaskan Golkar merupakan partai terbuka dan inklusif terhadap tokoh-tokoh potensial untuk maju pilpres.

Salah satu buktinya dengan menerima Ridwan Kamil menjadi kader dan mendapatkan jabatan sebagai Waketum Partai Golkar.

“Ini komitmen Partai Golkar yang sifatnya inklusif. Inklusif untuk melibatkan partai lain dan inklusif juga untuk tokoh masyarakat yang ingin gabung dengan Partai Golkar dan hari ini kita buktikan bahwa Partai Golkar welcome terhadap tokoh masyarakat,” ungkap Airlangga.

Airlangga juga menyinggung soal peluang Ridwan Kamil diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PPP.

Airlangga mengaskan, KIB sudah memiliki mekanisme tersendiri dalam menentukan pasangan capres-cawapres 2024.

“Untuk KIB, kita ada mekanisme tersendiri, jadi tentu masih ada berproses, KIB kita masih akan mengundang partai lain,” kata Airlangga.

Diketahui, Ridwan Kamil sudah resmi menjadi kader Partai Golkar. Hal ini ditandai dengan penyerahan KTA dan jaket Partai Golkar oleh Airlangga kepada Ridwan Kamil di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (18/1/2023).

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil menyatakan mendukung Airlangga menjadi capres di Pilpres 2024. Hal ini disampaikan Ridwan usai resmi menjadi kader partai berlambang berlambang pohon beringin tersebut.

“Tadi sudah jelas Partai Golkar sudah memutuskan untuk mengusung Pak Airlangga di Pilpres, karena saya anggota Partai Golkar ya artinya saya harus mengamankan itu (pencapresan Airlangga),” ujar Ridwan Kamil.

Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan, dukungan kepada Airlangga nyapres merupakan bentuk ketaatan kepada aturan dan kebijakan partai. Munas Golkar telah memutuskan Airlangga sebagai Capres 2024.

“Kalau sudah masuk organisasi artinya taat pada aturan dan keputusan organisasi,” tegas Kang Emil.

Bahkan, Kang Emil menyatakan akan melakukan langkah-langkah nyata dengan berbagai kreativitas untuk memenangkan Airlangga di Pilpres 2024. Dia pun meminta masyarakat menantikan langkahnya untuk memenangkan Golkar dan Airlangga. **