Presiden Jokowi habiskan cuti Imlek bareng cucu (Foto/ISTIMEWA).

SOLO, Eranasional.com – Presiden RI Joko Widodo menghabiskan liburan Imlek bersama cucu-cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, di Solo Jawa Tengah, Senin (23/1/2023).

Jokowi menghabiskan cuti Hari Raya Imlek ini sekaligus meninjau Solo Safari di Kota Surakarta yang akan diresmikan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

“Saya mengunjungi kawasan wisata Solo Safari di Kota Surakarta, bersama Jan Ethes dan La Lembah Manah. Kawasan wisata ini masih dalam tahap akhir pembenahan sebelum dibuka untuk umum akhir bulan ini,” demikian keterangan Presiden.

Bersama Iriana Widodo, Jokowi menggendong cucunya berkeliling taman wisata tersebut. Beberapa paspampres pun tampak bersiaga di sekeliling mereka mengenakan baju bebas, Presiden Jokowi tiba di Solo Safari pada Senin pukul 09.28 WIB.

Tak cuma bersama cucu, anak dan menantu Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda juga turut bersama rombongan disambut Deputri Direktur Taman Safari Indonesia, Hans Manangsang dan jajaran direksi Solo Safari.

Presiden Jokowi yang menggendong La Lembah Manah dan keluarga melihat sejumlah hewan seperti ular piton albino, burung kakak tua, dan yang lainnya.

Presiden Jokowi juga melihat suasana dan proses revitalisasi Solo Safari atau yang dikenal Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

“Ya, saya diajak Pak Wali untuk lihat pembenahan taman jurug, sekarang menjadi Solo Safari. Saya lihat sangat bagus meskipun belum selesai sudah kelihatan, akan semakin sangat bagus,” terang Presiden Jokowi saat ditemui usai meninjau Solo Safari, Senin (23/1/2023).

Presiden Jokowi menjelaskan, jika Solo Safari ini akan menjadi destinasi baru wisata di Kota Solo.

Ini akan mendukung aset-aset produktif yang ada di Solo. Ada Solo Safari, tadi diceritain ada Pak Wali ada Taman Balekambang, nanti ada Night Marker di Gatot Subroto.

“Itu tempat-tempat bari, lalu ada Solo Tecno Park (STP) yang diikuti anak-anak muda,” ungkap dia.

Ketika ditanya apakah revitalisasi Solo Safari ini melanjutkan program yang belum terealisasi, Presiden Jokowi membantah.

“Nggak, saya nggak punya,” katanya.

Tidak ada masukan untuk Solo Safari. Karena ke sini hanya untuk melihat-lihat.

“Saya hanya melihat-lihat, ada yang ingin ditunjukin, ya saya datangi. Tanyakan ke Pak Wali atau ke manajemen yang ada di sini, lebih detail,” tegas dia. **