Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (10/2/2023).

Gerindra Setuju KIB-KKIR Dilebur

Partai Gerindra juga turut mendukung wacana digabungnya KKIR dengan KIB. Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan senang jika wacana itu terealisasi.

“Begini, soal wacana bergabung KIB dan KKIR, itu tentu kalau terjadi kita senang saja. Kalau di KKIR tentunya setuju,” kata Sufmi Dasco, Jumat (10/2).

Dia menyebut, wacana ini bisa terwujud jika seluruh partai di KIB, yakni Golkar, PAN dan PPP menyetujui. Dasco memastikan kalau ketiga parpol di KIB sudah setuju dengan rencana ini, Gerindra dan PKB pun tak akan keberatan.

“Sekarang tinggal yang di KIB itu, apakah hanya Golkar atau dua-duanya, kalau KIB kan artinya tiga partai. Kalau misalnya tiga partai itu di KIB setuju, kita tentunya setuju juga,” tukasnya.

Soal penentuan sosok capres-cawapres jika kedua koalisi ini bergabung, Dasco menyatakan pihaknya akan membicarakan terlebih dulu. Ditekankannya, hal ini utamanya akan dibicarakan oleh kedua ketua umum di KKIR, yakni Prabowo Subianto dan Cak Imin.

“Soal penentuan capres-cawapres, di kami itu dibicarakan oleh Pak Prabowo dan Pak Muhaimin,” pungkas Sufmi Dasco.