Awan mirip UFO melayang-layang di langit Jayapura, Papua. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Amerika Serikat (AS) menembak jatuh objek terbang tak teridentifikasi atau Unidentifield Flying Object (UFO). UFO tersebut ditembak saat terbang di langit Alaska.

Dilansir Reuters, Sabtu (11/2/2023), jet tempur F-22 milik AS menembak jatuh UFO yang terdeteksi mengudara di langit Alaska kurang dari sepekan setelah jet tempur AS menembak jatuh balon mata-mata China.

Juru Bicara Pentagon, Brigjen Patrick Ryder menyebut jet tempur F-22 itu menembakkan sebuah rudal Sidewinder ke arah objek terbang seukuran mobil kecil pada Jumat (10/2) waktu setempat.

“Kami tidak tahu siapa yang memiliki objek ini,” ucap Juru Bicara Gedung Putih John Kirby dalam pernyataan terpisah.

Kirby menyatakan pihaknya belum mengetahui detail dari mana objek itu mulai mengudara. Perintah untuk menembak jatuh objek terbang itu diberikan langsung oleh Presiden AS Joe Biden dan diumumkan dari Gedung Putih.

Namun, Pentagon dan Gedung Putih menolak untuk memberikan gambaran detail soal objek terbang tak teridentifikasi itu. AS hanya menyebut UFO itu berukuran lebih kecil dari balon mata-mata China yang sebelumnya disebut memiliki tinggi hingga 60 meter dan membawa muatan ribuan pon.

Para pejabat AS juga menolak untuk berspekulasi soal objek misterius itu, bahkan setelah dilakukan pengamatan selama sehari. Hal itu kemudian memicu pertanyaan soal jenis objek misterius yang membuat para pilot dan pejabat intelijen AS yang sangat berpengalaman kesulitan untuk mengidentifikasinya.