Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas pengiriman bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah. (Foto: Dok Tim Prabowo Subianto)

JAKARTA, Eranasional.com – Lembaga Survei Political Statistics (POLSTAT) merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas calon presiden 2024. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto unggul dari dua calon kuat lainnya, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Survei dilakukan pada 10-18 Februari 2023 dengan jumlah sampel responden sebanyak 1.220 berusia di atas 17 tahun, dengan margin of error berkisar di angka +/- 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara tatap muka. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (multistage random sampling).

Responden awalnya diberi pertanyaan dan diminta memilih 10 nama capres yang telah disediakan. Nama Prabowo Subianto ada di urutan teratas yang dipilih responden.

Responden survei POLSTAT diberi pertanyaan, ‘Seandainya saat ini dilaksanakan pilpres, siapakah yang Anda pilih dari 10 orang tokoh di bawah ini?’ Prabowo mendapatkan elektabilitas 33 persen.

1. Prabowo Subianto: 33%

2. Ganjar Pranowo: 20,6%

3. Anies Baswedan: 19,4%

4. Ridwan Kamil: 6,4%

5. Agus Harimurty Yudhoyono: 3,5%