Penampilan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – CIO KISI Asset Management Arfan Karniody memproyeksikan saham-saham dari sektor consumer pada tahun 2023 ini memiliki potensi yang cerah untuk meraup cuan. Apalagi menjelang Pemilu 2024, kebutuhan terhadap barang-barang konsumsi akan meningkat, utamanya sembako.

“Untuk saham, kita punya beberapa sektor pilihan yang direkomendasikan, salah satunya consumer. Karena dengan adanya Pemilu, konsumsi kita pasti meningkat. Salah satunya yang paling sering dibagikan (partai politik) itu sembako dan juga produk ready to drink,” ungkap Arfan Karniody dalam acara edukasi Cuanz x SayaKaya bertajuk “Melek Instrumen Investasi yang Aman”, di Jakarta, Sabtu (25/2/2023).

Sektor kedua yang juga direkomendasikan adalah metal. Apalagi Tiongkok sudah mulai kembali membuka negara nya dan mulai memproduksi barang setelah sebelumnya melakukan lockdown akibat peningkatan kasus Covid-19.

“Dengan membuka lagi, berarti mereka sudah mulai memproduksi barang lagi. Artinya impor mereka terhadap barang-barang base metal akan meningkat. Yang kita suka salah satunya nikel, Tiongkok adalah negara yang mengkonsumsi nikel paling banyak di dunia,” ujar Arfan.

Sektor berikutnya adalah oil-based commodity. Dengan Tiongkok melakukan re-opening, diyakini permintaan dari oil akan meningkat. Selain itu juga saham big bank yang diyakini bakal berseri di 2023.

“Mungkin banyak yang takut dengan resesi. Tetapi kita selalu bilang, setiap ada resesi, setiap ada penurunan, banyak opportunity di dalamnya, asal kita melakukan hal yang tepat,” ujar Arfan.