Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Bakal calon presiden Anies Baswedan akan menyambangi Kantor DPP Partai Demokrat besok, Kamis, 2 Maret 2022. Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Demokrat Andi Arief mengatakan Anies akan berkenalan dengan Majelis Tinggi Partai. “Akan datang berkenalan dengan anggota Majelis Tinggi Partai,” kata Andi saat dihubungi, Rabu, 1 Maret 2023.

Adapun Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat adalah Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY. Kendati demikian, Andi belum bisa memastikan apakah SBY akan hadir dalam pertemuan dengan Anies.

Selain itu, Andi menyebut partainya juga menggelar dialog tentang gagasan perubahan dan perbaikan. Rencananya, dialog ini diisi oleh Anies bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

“Besok juga ada dialog tentang gagasan perubahan dan perbaikan oleh Anies dan Ketum AHY,” kata dia.

Sementara itu, Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut dialog ini berfokus pada konsep, ide, serta gagasan besar mengenai perubahan dan perbaikan.

Narasi perubahan dan perbaikan ini, kata dia, akan diperjuangkan oleh Partai Demokrat bersama Anies dan AHY di Koalisi Perubahan.

“Tidak lagi membahas isu-isu teknis, tetapi lebih kepada tawaran perubahan dan perbaikan kepada masyarakat Indonesia, seperti yang selama ini ditunggu,” kata Herzaky dalam keterangannya, Rabu, 1 Maret 2023.

Adapun Partai Demokrat tengah mematangkan rencana kerja sama dengan Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Koalisi Perubahan.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menyebut kedatangan Anies di Kantor Demokrat besok sekaligus menjadi ajang deklarasi Anies oleh Demokrat.

“Besok Demokrat deklarasi,” kata Willy saat ditemui wartawan di Kantor NasDem, Jakarta Pusat, Rabu, 1 Maret 2023.

Sementara itu, Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyebut partainya sudah mendeklarasikan sikap resmi menjagokan Anies sebagai calon presiden 2024. Dia menyebut sikap ini dinyatakan oleh AHY melalui pernyataan pada 25 Januari 2023 lalu.

“Jadi kalau deklarasi sudah selesai. Dalam artian deklarasi berdasarkan pernyataan sikap politik,” ujar Kamhar saat dihubungi, Rabu, 1 Maret 2023. **