Kemenkominfo ajak masyarakat untuk sebarkan nilai positif di dunia digital. (Foto:Dok. Kemenkominfo)

JAKARTA, Eranasional.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Senin, 20 Maret 2023 dengan topik “Ayo! Sebarkan Nilai Positif Didunia Digital”.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Elisabeth Nugrahaeni Kepala Divisi Informasi Publik dan Layanan Publik  (Kantor Humas IP UNJ) menjelaskan tentang akses digital. dia mengatakan berkreasi dan beropini di dunia digital digunakan sebaik baiknya.

“Akses digital harus digunakan dengan sebaik baiknya dengan cara mengakses sumber informasi yang valid, mengakses perangkat secara legal serta mengakses program sesuai dengan ketentua.” jelasnya.

Zakarias Situmorang mengatakan Akses internet semakin cepat, terjangkau, dan tersebar sampai ke pelosok. Kebanyakan orang menggunakannya untuk berkomunikasi lewat pesan singkat, bermedia sosial, dan nonton video online.

“Akses internet semakin cepat, terjangkau, dan tersebar sampai ke pelosok. Kebanyakan orang menggunakannya untuk berkomunikasi lewat pesan singkat, bermedia sosial, dan nonton video online.” katanya.

Dia menilai banyak responder di dunia digital terpapar hoaks.

“30-60% responden mengaku pernah terpapar hoaks. 40-55% yakin tidak akan menyebarkannya. 21- 36% dapat mengidentifikasi hoaks.11% pernah menyebarkan hoaks karena tidak terlalu dipikirkan. Kebanyakan hoaks yang ditemukan terkait isyu politik, kesehatan, agama. Medianya lewat Facebook.” katanya

terakhir, Krisno Wibowo menambahkan Media sosial bisa menjebak dan menyandera individu atau kelompok dalam pendangkalan nilai-nilai kemanusiaan.

“Media sosial bisa menjebak dan menyandera individu atau kelompok dalam pendangkalan nilai-nilai kemanusiaan. dengan kita menyebarkan nilai-nilai positif di media sosial adalah salah satu jawaban solusi atas ancaman dahsyat sisi gelap media sosial.” pngkasnya.

Data Literasi Digital

Perlu diketahui, Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.45 dari 5,00.

Maka dari itu, Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo Facebook Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo.