Presiden Joko Widodo dan ketua umum partai politik hadir di acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023). (Foto: Instagram/Zulkifli Hasan)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/4/2023). Hadir para ketua umum partai politik koalisi pemerintah, minus PDIP dan Partai Nasdem. Ada apa?

Dalam pidatonya, Jokowi mengaku kepalanya sempat kleyengan alias dibuat pusing dalam dua pekan terakhir gara-gara Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Jokowi menegaskan, untuk dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia sangat sulit. Dan, keputusan FIFA yang membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 membuat kepalanya pusing.

“Yang namanya urusan sepak bola ini memang membuat kepala saya pusing dalam dua minggu terakhir ini, pusing betul. Sangat sulit sekali untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia,” kata Jokowi dalam sambutannya di acara Silaturahmi Ramadan di kantor DPP PAN, Jalan Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

Presiden Joko Widodo di acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023). (Foto: Instagram/Zulkifli Hasan)

Kata dia lagi, ada puluhan negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Jokowi menyebutkan, selama tiga pemerintah telah menyiapkan infrastruktur dan memperbaiki fasilitas demi gelaran Piala Dunia U-20.

“Yang mengajukan buka satu dua tiga negara saja, tapi puluhan, negara yang mengajukan. Lobi sana, lobi sini, menyampaikan kesiapan infrastruktur, fasilitas-fasilitas, dan akhirnya terakhir 3 negara, termasuk kita dipilih. Kita menyiapkan selama tiga tahun, lapangannya dicat perbaiki, dicat lagi, diperbaiki dicat lagi, tidak semudah itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan, acara Silaturahmi Ramadhan ini dihadiri oleh Presiden Jokowi dan enak ketua umum parpol koalisi pemerintah minus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan tiga parpol pendukung pencapresan Anies Baswedan yakni Partai Nasdem, Partai Demokrat dan PKS.

“Acaranya silaturahmi bersama Pak Presiden (Jokowi) dengan ketua umum parpol dan keluarga besar PAN, Insya Allah akan dihadiri Pak Jokowi, tentu Ketua Umum PAN Bang Zul (Zulkifli Hasan), Ketua Umum Gerindra (Prabowo Subianto), Ketua PKB (Muhaimin Iskandar), Ketua Umum Golkar (Airlangga Hartarto), dan Ketua Umum PPP (Mardiono),” kata Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto di DPP PAN, Warung Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).