Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20. (Foto: Instagram)

JAKARTA, Eranasional.com – Jurnalis asal Inggris mengungkapkan penyebab FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, salah satunya karena kondisi lapangan.

Hal itu disampaikan melalui akun Twitter pribadinya, @RobHarris yang dikutip, Senin (3/4/2023).

“FIFA merasa bahwa Indonesia tidak akan siap (menggelar Piala Dunia U-20) berdasarkan kunjungan lapangan,” tulis Rob Harris di akun Twitternya.

“Itu menjadi salah satu faktor penyebab pembatalan Piala Dunia U-20 di sana (Indonesia), sementara pembicaraan tentang partisipasi Israel berlangsung,” lanjutnya.

Rob Harris adalah jurnalis sport dari kantor berita Associated Press (AP). Dia kerap mengungkap berbagai bocoran untuk kasus olahraga besar dalam laman media sosialnya.

Marselino Ferdinan, pemain timnas Indonesia yang akan berlaga Piala Dunia U20. (Foto: Instagram)

Ia membocorkan soal Piala Dunia U-20 belum mendapatkan konfirmasi. Namun, apa yang disampaikan Rob memberi sudut pandang sendiri atas pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah.

Sebelumnya kasus penolakan atas Israel dianggap sebagai alasan pencopotan. Sedangkan dalam surat FIFA, ada juga yang mengaitkan pencoretan itu dengan Tragedi Kerususuhan Kanjuruhan, Malang.