Politisi Partai Golkar, Dito Ariotedjo, dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pemuda dan Olahrga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA, Eranasional.com – Atlet Israel akan tampildi World Beach Games yang diselenggarakan di Bali, Agustus 2023 mendatang. Apakah keikutsertaannya akan ditolak juga seperti event Piala Dunia U-20 yang mengakibatkan Indonesia batal jadi tuan rumah?

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan dirinya akan menemui seluruh elemen untuk memastikan penyelenggaraan event olahraga tersebut berjalan lancar.

“Melihat pengalaman kemarin, Piala Dunia U-20 terhadap timnas Israel, mulai per hari ini saya akan membicarakan ke seluruh stakeholder yang ada. Semoga kita bisa memastikan kelancaran jalannya dan menemukan titik temu. Karena kita anak muda, semuanya akan kita temui,” kata Dito Ariotedjo usai dilantik Presiden Jokowi sebagai Menpora di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2023).

Dito mengutip pernyataan yang disampaikan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Dengan tegas dia mengatakan politik dan olahraga harus dipisahkan.

“Saya sesuai dengan apa yang sudah dibicarakan Pak Presiden bahwa harus dipisahkan kedua hal itu, walaupun hal ini adalah suatu kompleksitasnya tinggi ya. Tapi memang kita akan usahakan yang terbaik,” ujar Dito.

Sebagai informasi, ANOC World Beach Games dilangsungkan di Bali pada 5-12 Agustus 2023. Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari sebelumnya memastikan sampai hari ini belum ada pembatalan.

Hal itu disampaikan Raja terkait kemungkinan ada gelombang penolakan yang sama, mengingat akan ada atlet Israel yang akan bertanding di AWBG.

Menteri Perwakilan Milenial

Kembali ke pernyataan Dito. Dia juga bercerita mengenai momen dirinya menerima tawaran dari Jokowi untuk menjadi Menpora. Kader muda Partai Golkar itu siap memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

“Saya sendiri berusia 32 tahun, lahir tahun 90, jadi saya masih generasi milenial. Milenialnya bukan mentok, di tengah-tengah. Jadi ini merupakan representasi dari generasi milenial dan juga bisa dibilang Gen Z ya,” ujar Dito.

Dia menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas amanah yang diberikan kepadanya. Bagi Dito, jabatan Menpora ini merupakan tanggung jawab yang sangat luar biasa.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi, dan ini merupakan beban yang berat bagi saya, karena saya merupakan wakil dari generasi saya,” imbuhnya.