Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan hadir di acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023). (Foto: Instagram/Zulkifli Hasan)

JAKARTA, Eranasional.com – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) layak memimpin Koalisi Besar alias Koalisi Kebangsaan. Zulhas dinilai memiliki kinerja yang baik dan mendapat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Layak memimpin koalisi. Beliau memiliki kapasitas untuk itu. Bapak Presiden Jokowi juga sangat percaya dengan Bang Zulhas,” kata Bahlil saat menjadi narasumber dalam rilis survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), Minggu (9/4/2023).

Menurut Bahlil, Zulhas yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) memiliki perfoma kerja yang baik. Dia mengapresiasi kinerja Zulhas dalam mengontrol gejolak harga bahan pokok di pasaran.

Sebagai contoh, pada minggu ketiga bulan Ramadan atau tepat menjelang Lebaran 2023, harga bahan pokok yang biasanya naik berhasil diturunkan dibandingkan tiga tahun lalu. Bahan pokok yang berhasil turun adalah gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, cabai merah keriting, rawit merah, dan merah besar.

Misalnya, beras premium yang pada tahun 2020 harganya Rp12.500/Kg kini berada di harga Rp12.400/Kg. Harga gula pasir yang pada tahun 2020 Rp17.200/Kg kini di Minggu jelang Lebaran 2023 Rp13.000-13.500/Kg.

Tak hanya itu, harga bahan pokok yang signifikan turunnya pada pertengahan Ramadan 2023 adalah minyak, cabai merah keriting, rawit merah, dan merah besar.

Harga cabai rawit merah yang tiga tahun lalu Rp35.100/Kg kini berada pada Rp 25.000/Kg. Harga bawang merah padatahun 2020 Rp49.000/Kg kini berada diangka Rp30.00/Kg.

“Zulhas juga teruji. Harga minyak goreng, waktu Bang Lutfi (eks Mendag Muhammad Lutfi) diganti, harga minyak goreng tidak bisa dikendalikan. Begitu Bang Zulhas masuk (menggantikan Muhammad Lutfi), harga minyak goreng terkendali,” ucap Bahlil.