Bakal cares dari Koalisi Perubahan dan Persatuan, Anies Rasyid Baswedan. (Foto: Instagram/Anies Baswedan).

JAKARTA, Eranasional.com – Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengungkap terkait kriteria sosok cawapres yang cocok dipasangkan dengan capres usungan Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP), Anies Rasyid Baswedan. Dia menyebut Anies Baswedan membutuhkan sosok yang menyokong suaranya yang lemah di 7 provinsi, termasuk Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Beliau lemah di beberapa wilayah. Kalau dari internal kita kurang lebih Anies kalau tidak salah kalah di 7 provinsi, tapi yang lebih substantif itu di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Ahmad Ali, Kamis (20/4/2023).

Ali berpendapat, mantan Gubernur DKI Jakarta itu membutuhkan sosok yang kuat mengisi di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Menurut dia, sosok tersebut harus dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

“Jadi menurut saya idealnya cawapres untuk Anies adalah orang yang berasal dari Jawa Timur, lalu Nahdlatul Ulama,” ucapnya.

Anggota Komisi III DPR ini memandang sosok dari Jawa Timur berlatar belakang NU nantinya bisa membantu Anies Baswedan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan begitu, Anies Baswedan bisa fokus mengisi di provinsi lainnya.

“Artinya menurut saya yang krusial di dua wilayah itu. Jadi, kalau itu bisa diisi oleh cawapres yang tepat, Anies bisa fokus di luar wilayah itu. Ini sangat sangat bagus itu,” ujar Ali.

Kriteria lainnya, lanjut Ali, pendamping Anies Baswedan haruslah orang yang berpengalaman di pemerintahan. Dengan begitu bisa berkolaborasi dengan Anies membangun perubahan.

“Cawapresnya kita harap orang yang bisa mengisi atau membantu Anies di kemenangan 2024. Kemudian orang yang memiliki kecerdasan, memiliki pengalaman, supaya kemudian ketika kekuasaan direbut dia bisa membantu, berkolaborasi membangun bangsa ini,” pungkasnya.