Anies Baswedan mengunggah foto dirinya sedang membaca buku ‘Principles for Navigating Big Debt Crises’ di media sosialnya. (Foto: Instagram/Anies Baswedan)

JAKARTA, Eranasional.com – Bakal capres Anies Baswedan mengunggah foto dirinya sedang membaca buku ‘Principles for Navigating Big Debt Crises’ di media sosialnya. Pengamat politik menyebut ada pesan di balik unggahan tersebut.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Khoirul Umam menyebut Anies sedang menyentil pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Buku yang sedang dibaca Anies merupakan buku soal kebijakan utang luar negeri.

“Buku Big Debt Crises itu merupakan sentilan Anies terhadap pemerintahan Jokowi yang tampaknya ia nilai mirip dengan penjelasan buku yang membahas tentang evaluasi kebijakan negara-negara yang terjebak dalam utang luar negeri,” kata Umam, Kamis (27/3/2023).

“Sehingga membuat ruang fiskal negara untuk pembangunan menjadi semakin terbatas, hingga akhirnya elitnya cenderung berpikir jangka pendek dengan menumpuk utang luar negeri dalam jumlah lebih banyak lagi,” sambungnya.

Menurut Umam, Anies sepertinya sedang menawarkan alternatif kebijakan negara soal utang luar negeri. Sehingga negara tak terjebak dalam utang luar negeri.

“Buku yang dibaca Anies itu juga memberikan sejumlah alternatif rekomendasi kebijakan penataan kembali keuangan negara agar tidak terjebak lebih dalam oleh jeratan utang luar negeri,” ujarnya.

Namun, Umam menyebut Anies baru tahap membaca dan belum memaparkan pemikirannya soal perubahan. Anies disarankan untuk segara menyampaikan gagasan perubahan.

“Para pendukung Anies menginginkan kejelasan sikap, pandangan dan pemikirannya untuk menerangkan seperti apa konsep perubahan yang ia maksud. Karena itu, jika Anies ingin mengonsolidasikan basis pemilih loyalnya, maka bacaan buku Bid Debt Crisis itu hendaknya tidak berhenti dengan foto, melainkan harus melangkah lebih jauh dengan menyampaikan pandangan, argumen, dan sintesa pemikirannya atas referensi bacaan-bacaan tersebut,” tuturnya.

“Agar rakyat lagi-lagi tidak terjebak dalam politik gimik, melainkan betul-betul paham bagaimana substansi pemikiran dan alternatif kebijakan yang ia tawarkan,” pungkasnya.

Rabu (26/4), Anies mengunggah foto duduk memanjangkan kaki, dalam foto itu Anies membaca buku ‘Principles for Navigating Big Debt Crises’.

Anies terlihat membaca buku di pinggir laut namun dia tidak menyebutkan lokasi persis foto itu diambil. Dalam foto yang diunggah Anies, judul buku tersebut terpampang jelas.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut membubuhkan keterangan foto atau caption unggahannya. Anies mengajak untuk membaca dan bersiap sebelum besok menyambut hari baru yang lebih baik.

“Matahari yang terang itu, kini mulai meredup terbenam. Teduh, semilir dan tenang untuk membaca dan bersiap. Sebelum esok menyambut hari yang baru dan lebih baik,” tulis Anies.

“Bagi yang telah mengakhiri masa liburan, selamat bersiap kembali bekerja dan berkarya esok hari,” tambahnya.