Ilustrasi bensin Pertalite. (Foto: Antara)

Pembatasan Pembelian Pertalite

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan soal rencana pembatasan pembelian Pertalite. Kata dia, berdasarkan hasil rapat antara Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri ESDM Arifin Tasrif, yang telah disepakati adalah kuota Pertalite. Sementara, untuk pembatasan belum ada pembicaraan.

“Yang pasti hasil meeting saya dengan Ibu Menkeu dan Menteri ESDM, kita sudah sepakati kuotanya. Apakah ada pembatasan, saya belum dibicarakan,” katanya di Kementerian BUMN Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ini menuturkan, dirinya akan menggelar rapat dengan menteri terkait untuk membahas hal tersebut.

“Nanti coba saya ajak meeting lagi tiga menteri, biasanya ada policy-policy bersama,” ungkapnya.

Lebih lanjut Erick mengatakan, pihaknya telah merampingkan 45 Peraturan Menteri BUMN menjadi 3 Peraturan Menteri BUMN atau yang akrab disebut Omnibus Law BUMN. Salah satu poin Omnibus Law tersebut adalah mengatur soal penugasan.

“Bahwa seluruh penugasan itu harus disepakati oleh Menteri Keuangan, Menteri BUMN dan menteri terkait penugasan,” terang Erick Thohir.