Kapal Fery KMP Royal 1 terbakar di Laut Merak, Sabtu (6/5/2023). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Kapal Feri KMP Royce 1 terbakar di Laut Merak, Sabtu (6/5/2023) sekitar pukul 17.14 WIB. Tiga penumpang dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit.

Para korban dievakuasi menggunakan ambulans dan mobil pribadi ke rumah sakit dan kantor ASDP. Sedangkan korban yang tidak mengalami luka-luka dievakuasi ke kapal terdekat.

“Ada korban luka yang dibawa ke rumah sakit, ada sebagian di ASDP,” kata Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) Togar Nalitupulu di lokasi, Cilegon (6/5/2023).

Penumpang, katanya, dievakuasi ke kapal feri yang terdekat oleh tim. Ada lima kapal yang melakukan evakuasi penumpang.

Evakuasi penumpang Kapal Fery KMP Royce 1. (Foto: Istimewa)

Hingga berita ini diturunkan, belum ada data pasti soal korban luka akibat kebakaran kapal tersebut. Termasuk soal apakah ada korban yang meninggal dunia. “Belum ada laporan,” ujarnya.

3 Korban Kebakaran Dirawat di IGD

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan ada tiga korban kebakaran kapal feri KMP Royce 1 yang dilarikan ke IGD rumah sakit. Selain itu, ada 5 orang yang dilarikan ke puskesmas di Cilegon akibat mengalami sesak napas.

“Kami menerima laporan di puskesmas ada 5 penumpang mengalami sesak nafas. Tiga penumpang lainnya di IGD rumah sakit,” kata Helldy di Pelabuhan Merak, Sabtu (6/3/2023).

Pemkot Cilegon, kata Helldy, belum menerima adanya laporan korban yang meninggal dunia. Termasuk berapa jumlah korban yang mengalami luka-luka baik berat maupun ringan.

“Belum ada laporan, termasuk jumlahnya belum ada, cuma ada di puskesmas Merak 5 orang, di rumah sakit ada 3 orang,” tuturnya.