Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Istimewa)

Kata dia, dalam proses pembangunan IKN, pihaknya berkontribusi dalam dua aspek, pertama ialah penyusunan tata ruang IKN Nusantara dan yang kedua proses pengadaan tanah di IKN Nusantara.

Adapun pembangunan IKN Nusantara menjadi salah satu amanat utama yang disampaikan oleh Presiden Jokowi kepadanya saat baru menjabat sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.

“Isu dan permasalahan terkait kesenjangan pembangunan antar Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa menjadi pertimbangan pertama pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara,” kata Hadi, dalam sambutannya pada acara Smart City Expo 2023, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (26/5).

Menurut mantan Panglima TNI ini, pemindahan ibu kota negara merupakan salah satu strategi besar untuk mentransformasi ekonomi Indonesia ke depan. Kemudian juga untuk dapat keluar dari middle income trap sebelum tahun 2024.

Sejalan dengan itu, ditetapkan sebanyak 8 prinsip dan 24 Key Performance Indicator (KPI) untuk mencapai pembangunan IKN Nusantara yang berkelanjutan. Salah satunya seperti prinsip pembangunan nasional dengan alam di mana area ruang hijau di IKN direncanakan lebih dari 75%.