Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berjanji jika partainya memenangi Pemilu 2024 maka akan melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang diinisiatori Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Megawati mengatakan itu saat berpidato di acara penutupan Rakernas III PDIP di Sekolah Partai PDIP, Jalan Lenteng Agung, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (8/6) kemarin.

“PDIP memastikan apa yang menjadi perhatian utama Presiden Jokowi berkaitan dengan pemindahan IKN Nusantara, hilirisasi indsutri, sebagai sebuah jalan berdiri di atas kaki sendiri dan percepatan pembangunan koridor strategis di seluruh wilayah Indonesia melalui pembangunan infrastruktur akan dilanjutkan,” kata Megawati.

Dia mengklaim PDIP memiliki pengalaman selama dua periode di pemerintahan. Maka, jika partainya menang, pemindahan IKN Nusantara dapat dipercepat.

Selain itu, Megawati juga berbicara soal pembangunan manusia Indonesia yang berlandaskan ilmu pengetahuan hingga teknologi. Hal itu diwujudkan dengan pembentukan BRIN oleh Presiden Jokowi, dan ditugaskan kepada PDIP.

“Pembangunan sumber daya manusia menjadi hal yang penting untuk dilakukan, agar Indonesia menjadi bangsa yang tangguh dengan meletakkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan menggalakkan riset dan inovasi,” tuturya.