Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disebut-sebut akan bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Bagaimana respon kubu bakal capres Anies Baswedan.

Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, mengatakan rencana pertemuan antara AHY dengan Puan Maharani harus didukung.

“Rencana pertemuan Mas AHY dan Mbak Puan Maharani harus didukung,” kata Sudirman Said, Senin (12/6/2023).

Justru dia menyarankan agar pertemuan-pertemuan elit politik seperti itu harus diperbanyak, sehingga rakyat Indonesia merasakan kesejukan politik dan silaturahmi.

Dia pun berandai-andai, pasca pertemuan Puan-AHY akan ditindalanjuti dengan pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Pertemuan-pertemuan seperti harus diperbanyak. Semoga diikuti oleh tokoh-tokoh lainnya, Pak SBY bertemu Ibu Mega, Pak Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Pak Jokowi, Pak Surya Paloh bertemu Ibu Mega, Pak Jokowi bertemu Pak Surya Paloh. Suatu ketika siapa tahu Pak Anies bisa bertemu Pak Jokowi atau Ibu Mega, dan seterusnya,” ucap Sudirman Said.

Mengenai kemungkinan akan terjadi peralihan dukungan Partai Demokrat pasca pertemuan AHY dengan Puan, Sudirman Said menegaskan, Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri dari Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan PKS yang mendukung pencapresan Anies Baswedan, dibangun dengan landasan moral saling percaya dan saling menghormati.

Kata Sudirman Said, setiap parpol di KPP membangun kepercayaan satu sama lain. Justru, tiap partai yang tergabung di KPP didorong untuk membuka komunikasi seluas-luasnya untuk memperkokoh ikatan antarpartai di KPP.

“Justru selama ini semakin banyak interaksi terjadi, semakin kokoh ikatan di antara partai-partai anggota Koalisi Perubahan untuk Persatuan,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Puan Maharani akan melakukan dialog dengan AHY. Pertemuan itu dilakukan dengan menghormati etika politik.

“Nanti Mbak Puan akan bertemu dengan Mas AHY untuk melakukan dialog, tetapi kami menghormati etika politik,” kata Hasto saat ditemui di Dermaga Kade Inggom, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6).