Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan bakal capres Anies Baswedan. (Foto: Dok Partai Demokrat)

JAKARTA, Eranasional.com – Partai Demokrat menyarankan jika ingin Anies Baswedan memenangi Pilpres 2024, maka harus memilih ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres yang mendampinginya.

Hal itu dikatakan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng. Menurutnya, AHY merupakan bakal cawapres yang paling layak dibandingkan dengan kandidat-kandidat lain.

“Ya kalau mau menang Pilpres 2024, cawapresnya AHY,” kata Andi Mallarangeng dalam diskusi bertajuk “Cawapres Adalah Kunci” yang digelar secara daring, Sabtu (17/6/2023).

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang pernah terjerat kasus korupsi Wisma Atlet Hambalang ini menyinggung lagu berjudul Ojo dibandingke yang artinya dalam bahasa Indonesia berarti Jangan dibandingkan, keberadaan AHY layak dibandingkan dengan kandidat bakal cawapres lainnya.

Monggo dibanding-bandingke. Kalau ada yang lebih baik silakan dibandingkan,” ujarnya.

Lantas, dia menjelaskan soal klaim yang menyebutkan bahwa 80 persen cawapres yang akan mendampingi Anies mengarah kepada sosok AHY, Andi tidak memberikan jawaban tegas soal klaim tersebut.

Dia berharap cawapres yang mendampingi Anies Baswedan sesuai dengan harapan Partai Demokrat. “Mudah-mudahan sesuai harapan kami. Yang terpenting, harus diberi time line, sehingga kami bisa full speed membuat strategi,” tuturnya.

Dia pun membeberkan kriteria cawapres ideal untuk Anies Baswedan. Katanya, harus dari internal Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). “Yang kompatibel, lalu punya chemistry dengan Pak Anies dan memberikan kontribusi kepada kemenangan. Tetapi, kami serahkan ke Pak Anies sebagai kriteria yang kami sepakati,” pungkas Andi Mallarangeng.