Jika terwujud, duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil akan menguasai suara di Pulau Jawa pada Pilpres 2024. (Foto: Instagram/Ridwan Kamil)

JAKARTA, Eranasional.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) disebut oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merupakan sosok bakal cawapres yang mendampingin bakal capres Ganjar Pranowo. Jika hal itu terjadi, diprediksikan duet Ganjar-RK akan menguasai peraihan suara, khususnya di Jawa Barat.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PP) Adi Prayitno menganggap duet tersebut sangat signifikan.

“Dalam beberapa simulasi survei yang dilakukan PPI, duet Ganjar-RK sangat menjanjikan. Elektabilitasnya menjanjikan,” kata Adi saat dihubungi, Kamis (29/6/2023).

Ridwan Kamil sendiri, ucap Adi, masuk dalam tiga besar cawapres favorit pilihan rakyat. Meski begitu, masalahnya ada pada Partai Golkar, partai yang menaungi Ridwan Kamil.

“Apakah Golkar tetap ngotot menyodorkan ketua umumnya, Airlangga Hartarto sebagai capres atau cawapres. Kalau RK yang diinginkan PDIP sebagai cawapres Ganjar, tentu ini problematik,” ujarnya.

Menurut dirinya, RK berpotensi besar menyumbangkan suara bagi Ganjar, salah satunya suara masyarakat di Jawa Barat.

“Secara teritori, RK akan menyumbangkan suara signifikan ke Ganjar dari Jawa Barat. Dia penguasa Jawa Barat dengan jumlah paling banyak se-Indonesia. Ini akan melengkapi kekuatan Ganjar yang kuat di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” jelas Adi.

“Kalau duet ini terwujud, Ganjar-RK dipastikan unggul di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Jumlah pemilih di tiga provinsi tersebut mencapai 45 persen dari total jumlah pemilih nasional,” ucapnya menambahkan.