Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X. (Foto: Ist)

YOGYAKARTA, Eranasionanl.com – Raja Kesultanan Yogyakarta, Sultan Hamengkubuwono X dengan tegas menyatakan tidak setuju dengan keinginan bakal capres Prabowo Subianto yang ingin memindahkan makam Pangeran Diponegoro dari Makassar, Sulawesi Selatan ke Yogyakarta.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta itu berpendapat hal itu tidak perlu dilakukan.

“Kalau saya, enggak usah,” kata Sultan HB X di Yogyakarta, Jumat (14/7).

Menurut dia, masyarakat Makassar juga sangat menghargai sosok pahlawan nasional tersebut. Terpenting, makam Pangeran Diponegoro dijaga dengan baik oleh masyarakat di Makassar.

Sebelumnya, di Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Makassar, Kamis (13/7), Prabowo meminta izin kepada masyarakat Sulawesi Selatan untuk memindahkan makam Pangeran Diponegoro yang berada di Kota Makassar ke kampung asalnya, Yogyakarta.

Untuk diketahui, ketika wafat Pangeran Diponegoro sedang dalam pengasingan penjajah Belanda di Makassar.

Awalnya Ketua Umum Partai Gerindra tersebut berbicara soal pengorbanan para pejuang bangsa demi mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Dia mengaku bangga atas perjuangan salah satu pahlawan nasional, Pangeran Diponegoro yang jasadnya dimakamkan di Makassar.

“Sebagaimana semua daerah ada pengorbanannya. Dan di sini, di kota ini juga ada makam Pangeran Diponegoro yang dibuat dari daerah aslinya,” kata Prabowo.