Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai meminta klarifikasi kepada Effendi Simbolon (baju hitam) terkait pernyataan tentang Prabowo Subianto. (Foto: Ist/Dok DPP PDIP)

JAKARTA, Eranasional.com – Politikus Ferdinand Hutahaean menyebut dirinya menjadi caleg dari PDIP untuk Dapil III Jakarta menggantikan Effendi Simbolon.

“Ya benar, saat ini saya terdaftar sebagai bakal caleg anggota DPR RI dari Dapol Jakarta III, Kotamadya Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu,” Kata Ferdinand saat dikonfirmasi, Jumat (4/8/2023).

Dia mengungkapkan, pada Pemilu 2019 lalu anggota DPR RI Fraksi PDIP Effendi Simbolon terpilih melalui Dapil Jakarta III.

“Sekarang saya menggantikan posisi Effendi Simbolon yang tidak lagi maju sebagai caleg,” ujarnya.

Mantan politisi Partai Demokrat ini beralasan dirinya maju sebagai caleg dari PDIP karena akan mendukung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

“Saya maju sebagai bakal caleg PDIP yang saya anggap cocok dengan garis politik saya, yaitu konsisten dengan Pancasila dan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden pada Pilpres 2024. Dua alasan itu yang membuat saya bergabung dengan PDIP,” jelas Ferdinand.