Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai meminta klarifikasi kepada Effendi Simbolon (baju hitam) terkait pernyataan tentang Prabowo Subianto. (Foto: Ist/Dok DPP PDIP)

Namun, katanya, proses pencalegan dirinya masih menunggu proses penetapan Daftar Calon Tetap (DTC) di KPU RI. “Penetapan DCT bulan Oktober 2023 nanti,” terangnya.

Sebut Prabowo Prabowo Subianto Figur Handal

Sebelumnya, Effendi Simbolon dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) berharap Indonesia pada tahun 2024 Indonesia akan dipimpin oleh figur yang handal. Sosok yang dimaksudnya adalah Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Saya pernah menyampaikan, seyogyanya yang bertarung sekarang ini (Pilpres 2024) seharusnya Prabowo-Prabowo, biar setara, kelasnya sama. Ya sekelas Prabowo,” kata Effendi Simbolon di sela-sela acara pembukaan PSBI di Hotel Arya Duta, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (7/7/2023).

“Secara pribadi saya jujur, berharap Indonesia dinahkodai oleh pemimpin yang punya kehandalan,” sambungnya.

Dia menegaskan bahwa penilaiannya terhadap Prabowo adalah objektif. Dia pun menyetujui perkataan Prabowo bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan mempunyai segalanya.

“Tadi Pak Prabowo mengatakan begitu besarnya aset bangsa ini, aset negara, aktiva negara, tapi kita tidak mampu mengoptimalkan itu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Ke depannya harus tidak ada lagi stunting, kemiskinan dan seterusnya di Indonesia,” ujar Effendi.