Bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan meminta kepada relawannya untuk tidak mengkritik pemerintah saat ini. Tapi fokus menjelaskan tentang capres yang mereka dukung.

“Saya pesan pada semua, tidak usah menyerang pemerintahan yang sekarang. Itu pesan dari saya,” kata Anies dalam acara Temu Relawan Anies se-Jawa Tengah di Hotel Khas Semarang, Minggu (20/8).

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta relawannya tidak menyerang bakal capres lainnya. Menurut dia, dengan menjelekkan capres lain berarti tidak percaya diri dengan capresnya sendiri.

“Kita jangan menjadi penyebab ketegangan, jangan melakukan serangan-serangan yang tidak perlu. Enggak usah pakai serangan lah. Kita menjelaskan calon kita saja, enggak usah menjelekkan yang lain,” ujarnya.

“Kalau kita menjelekkan yang lain itu sebetulnya tanda tidak percaya diri kepada yang kita dukung. Jadi, kalau ada yang menyerang, sebenarnya jenengan (Anda) tidak percaya diri, caranya menjelekkan yang lain,” sambung Anies.

Soal, jika ada orang yang menuduh mereka sebagai intoleran, Anies memberikan cara bagaimana menghadapi orang-orang tersebut.

“Kalau bertemu dengan situasi di mana disebutkan bahwa si A itu intoleran, radikal, bersama kelompok-kelompok yang garis keras, dan macam-macam. Maka bapak ibu jangan meng-counter. Itu pesan saya,” ucapnya.

Malah, kata Anies, kalau perlu ‘diiyakan’ saja, sehingga membuat orang yang menuduh itu akan kebingungan.

“Malah, kalau dijawab ‘barangkali iya’, seakan-akan bapak ibu mengonfirmasi tudingan itu. Biasanya ketika orang-orang itu mengonfirmasi, yang dikonfirmasi agak kaget, protes. Saya jamin, mereka akan kelimpungan tidak bisa jawab,” pungkas Anies.