Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak final Piala AFF U-23 setelah mengalahkan Thailand 3-1 di babak semifinal yang digelar Rayong Province Stadium, Kamis (24/8) malam. (Foto: Ist/Dok PSSI)

Indonesia justru berhasil memimpin 1-0 di menit ke-10, berawal dari keberhasilan merebut bola di lapangan tengah, Jeom Kelly Sroyer dengan apik menyelesaikan umpan Arkhan Fikri dengan tembakan mendatar ke sudut bawah gawang Thailand.

Tertinggal 0-1, Thailand berusaha membalas. Berawal dari sepak pojok, Chukid Wanpraphao berusaha menjebol gawang Indonesia yang dikawal Ernado Ari, namun gagal.

Indonesia memperlebar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-23. Lemparan ke dalam Robi Darwis dari sayap kiri melambung tinggi menuju tengah kotak penalti Thailand. Muhammad Ferrari berhasil menuntaskan dengan sundulan ke sudut bawah gawang yang tidak berhasil ditepis kiper Thailand, Sriwat Ingkaew.

Kerja keras pemain Thailand membuahkan hasil. Di menit ke-27 mereka berhasil menjebol gawang Indonesia melalui Chukid Wanpraphao dengan sundulan setelah menyambut sepak pojok. Kedudukan 1-2.

Jelang turun minum, Indonesia berhasil memperlebar kembali keunggulan menjadi 3-1 berkat gol bunuh diri pemain Thailand Natcha Promsomboon.

Berawal dari aksi Muhammad Haykal di sayap kiri dilanjutkan dengan tembakan ke arah gawang lawan dihalau oleh Natcha Promsomboon dengan sundulan. Apes, justru bola meluncur ke dalam gawang timnya sendiri, Thailand.

Di babak kedua, baik Indonesia maupun Thailand silih berganti melakukan penyerangan. Namun, tidak tercipta satu gol pun.