LRT Jabodebe. (Foto: Ist/Dok Kemenhub RI)

“Hari ini, Alhamdulillah LRT sudah siap dioperasikan, baik yang di Harjamukti, Cibubur, dan dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 kilometer, yang pembangunannya menghabiskan anggaran sebesar Rp32,6 triliun,” kata Jokowi.

Kehadiran LRT ini melengkapi moda transportasi massal lainnya yang dibangun oleh pemerintah di Ibu Kota dan sekitarnya, setelah Moda Raya Terpadu (MRT), Kereta Rel Listrik (KRL), TransJakarta, dan Kereta Bandara.

Jokowi berharap, dengan hadirnya moda-moda transportasi massal tersebut, masyarakat akan beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal sehingga bisa mengurangi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya.

Rute LRT Jabodebek

LRT Jabodebek memiliki 18 stasiun dalam dua rute pelayanan, yakni Cibubur Line dan Bekasi Line.

Cibubur Line melayani perjalanan dari Stasiun Harjamukti, Depok, Jawa Barat, menuju Stasiun Stasiun Dukuh Atas di Jakarta, dan melintasi 12 stasiun pemberhentian dengan jarak tempuh 24,3 kilometer.

Sementara, Bekasi Line melayani perjalanan dari Stasin Jatimulya, Kabupaten Bekasi, menuju Stasiun Dukuh Atas dan melintasi 14 stasiun pemberhentian dengan jarak tempuh 27,3 kilometer.

“Kita harapkan masyarakat beralih ke LRT, baik dari Cibubur dan sekitarnya, maupun Bekasi dan sekitarnya, sehingga kemacetan di jalan bisa kita hindari dan juga polusi bisa dikurangi,” imbuh Jokowi.