Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membantah tuduhan pihaknya ingin memeras Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo terkait kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

“Saya ingin katakan bahwa apa-apa yang menjadi isu sekarang itu tidak benar dan tidak pernah dilakukan pimpinan KPK,” kata Firli Bahuri, Kamis (5/10).

Firli mengungkapkan seringnya terjadi penyalahgunaan informasi yang mengatasnamakan KPK terhadap pihak yang sedang berperkara di lembaga antirasuah tersebut. Dia kembali menegaskan baik dirinya atau pimpinan KPK lainnya tidak terlibat hal-hal seperti itu.

“Beberapa kali terjadi penyalahgunaan foto atau picture yang mengatasnamakan pimpinan KPK, menghubungi beberapa kepala daerah, menteri, anggota DPR. Saya enggak tahu siapa yang melakukan itu dan meminta sesuatu,” ujarnya.

“Tidak akan pernah ada orang yang bertemu saya atau ada isu menerima sesuatu sejumlah US$1 miliar. Saya pastikan itu tidak ada. US$ 1 miliar itu banyak loh, siapa yang mau ngasih,” sambung Firli.

Meski begitu, Firli mengaku secara pribadi dirinya mengenal Syahrul Yasin Limpo. Karena, sebagai Ketua KPK dirinya kerap menghadiri agenda-agenda di pemerintahan yang juga bersinggungan dengan kementerian.

“Saya di Kementerian Pertanian kenalnya hanya menteri saja. Bahkan sebelum rapat terbatas maupun sidang kabinet paripurna saya selalu bicara dengan para menteri. Saat itulah foto saya diambil,” tuturnya.