Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)

JAKARTA, Eranasional.com – Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pertanian (Mentan). Kini, Menteri asal Partai NasDem tinggal satu orang, yaitu Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Ketua Partai NasDem, Surya Paloh menyatakan Siti Nurbaya Bakar tetap sebagai Menteri LHK. Dia menegaskan, dugaan korupsi yang dituduhkan kepada SYL tak ada kaitannya dengan Siti Nurbaya.

“Mbak Baya (Siti Nurbaya) sudah bekerja sebagaimana mestinya, dengan kemampuan profesionalisme yang ada pada dirinya menjalankan tugas dalam kabinet. Apakah Mbak Baya akan ditarik? Enggak ada kaitannya,” kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (5/10).

Dia pun berharap tidak ada lagi kejadian serupa di kemudian hari. Kembali ditegaskannya, Siti Nurbaya tetap menjadi Menteri LHK sebagaimana mestinya.

“Kita berdoa, mudah-mudahan tidak terjadi lagi seperti ini. Mbak Baya jalan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Sebelumnya, Surya Paloh meminta SYL untuk menghadap Presiden Jokowi dan mengajukan pengunduran diri.

“Saya sudah menerima laporan dari Bung Syahrul. Atas nama DPP Partai NasDem, saya menyatakan segera menghadapi Bapak Presiden, sampaikan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian,” kata Paloh, Kamis (5/10).