JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengusulkan ke DPR RI nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letjen Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI yang baru menggantikan Laksamana Yudo Margono yang tak lama lagi pensiun.

Ketua DPR RI Puan Maharani membenarkan pihaknya telah menerima surat dari Presiden Jokowi mengenai usulan calon Panglima TNI yang baru yakni Letjen Agus Subiyanto.

“Pada kesempatan ini, saya akan mengumumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” kata Puan Maharani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Puan menjelaskan, berdasarkan aturan, Presiden Jokowi harus mengusulkan calon Panglima TNI yang baru maksimal 20 hari kerja sebelum masa pensiun Panglima TNI yang lama.

Untuk diketahui, Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada tanggal 26 November 2023.

“Sesuai dengan Undang-Undang TNI, Presiden harus mengusulkan calon pengganti Panglima TNI kepada DPR kurang lebih mekanismenya itu adalah 20 hari sejak Surat Presiden diterima oleh pimpinan DPR,” jelas Puan.

Politisi PDIP ini menyatakan akan menindaklanjuti Surat Presiden (Surpres) tersebut sesuai mekanismen yang berlaku di DPR.

“Kami sudah menerima Surpres tersebut dan akan menindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku di DPR mengenai calon Panglima TNI yang akan datang,” ujar Puan.

Baru Dilantik Jadi KSAD

Sebelum diusulkan menjadi Panglima TNI, Letjen TNI Agus Subiyanto belum lama ini dilantik Presiden Jokowi sebagai KSAD pada tanggal 25 Oktober 2023. Jabatan jabatan sebelumnya adalah Wakil KSAD. Dia menggantikan Letjen Dudung Abdurrachman.

Kenaikan pangkat tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 90/TNI/Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI. (as)