JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjenguk Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang masih dirawat di Singapura, Jumat (3/11). Menurut Jokowi, kondisi Luhut saat ini sudah semakin membaik.

“Kemarin saya dari Balikpapan langsung ke Singapura untuk menjenguk Pak Luhut. Alhamdulillah kondisi beliau semakin membaik,” kata Jokowi di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023).

“Kita harapkan segera sehat dan sembuh sehingga bisa beraktivitas kembali,” sambung Jokowi.

Selain menjenguk Luhut, Presiden jokowi juga menyempatkan diri menjenguk istri Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung, Endang Nugrahani, yang dirawat di rumah sakit berbeda di Singapura.

Luhut dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura setelah jatuh sakit beberapa waktu lalu. Menantunya, Maruli Simanjuntak mengungkapkan bahwa tim dokter menyarankan agar porsi kerja Luhut dikurangi.

“Dokter menyarankan Pak Luhut tidak terlalu bekerja keras, harus agak diturunkan sementara beban kerjanya. Lebih baik istirahat dulu,” kata Maruli di Kantor Kemensesneg, Jakarta, Senin (30/10) lalu.

Pangkostrad ini mengatakan kondisi Luhut sudah berangsur-angsur membanik, bahkan sudah bisa berjalan, duduk, dan berlatih.

Menurut dia, Luhut sudah diperbolehkan pulang ke rumah 1-2 minggu ke depan, bila kesehatannya terus membaik.

Namun, Maruli tidak  menjelaskan apakah Luhut akan langsung kembali ke Indonesia setelah keluar dari rumah sakit. (*)