JAKARTA, Eranasional.com – Pencalonan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres yang mendampingi bakal capres Prabowo Subianto di Pilprea 2024 mendapat sorotan dunia internasional.

Majalah TIME menilai kepemimpinan yang diperlihatkan Jokowi di akhir masa jabatannya terdapat potensi kemunduran demokrasi di Indonesia.

Majalah TIME memperkirakan Jokowi akan dikenang sebagai Presiden RI yang mengantarkan kemunduran, bahkan demokrasi di Indonesia.

“Seiring dengan berakhirnya satu dekade pemerintahan Jokowi, dia mungkin akan lebih dikenang karena mengantarkan era baru, yakni kemunduran demokrasi,” tulis Majalah TIME dikutip dari akun instagramnya, Rabu (1/11).

Majalah TIME me-flashback perjalanan seorang Jokowi hingga menjadi Presiden RI pada Pilprea 2014 hingga 2024. Sosok Jokowi sempat menghadirkan optimisme seputar kondisi demokrasi yang bahkan dinilai berada di puncaknya.

Bahkan Jokowi sempat menjadi harapan lantaran bukan berasal dari kelompok elit politik. Namun harapan itu mulai sirna seiring manuver Jokowi di akhir masa kepemimpinannya.

“Pada saat dinasti-dinasti secara tradisional mendominasi arena politik Indonesia, naiknya Jokowi, yang merupakan seorang pengusaha kayu dan mebel sebelum menjadi Gubernur Jakarta, dielu-elukan sebagai sebuah mercusuar harapan,” tulis Majalah TIME.