JAKARTA, Eranasional.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan sejak era Presiden RI ke-1, Soekarno atau Bung Karno, hingga kini Indonesia konsisten mendukung kemerdekaan Palestina.

“Bangsa Indonesia sejak zaman Bung Karno, presiden pertama hingga saat ini tetap tegas secara konsisten mendukung kemerdekaan bangsa Palestina,” kata Puan saat berpidato di Aksi Bela Palestina, Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023).

Lantas, dia pun mengutuk serangan yang dilakukan tentara zionis Israel pada masyarakat sipil di Palestina.

Puan pun mendesak Pemerintah Indonesia melakukan upaya diplomasi guna membantu kemerdekaan Palestina.

“Pemerintah jangan pernah berhenti dan mendesak Israel untuk menghentikan agresi militer pada rakyat Palestina,” ucapnya.

Puan kemudian mengajak seluruh rakyat Indonesia mendoakan warga Palestina yang menjadi korban serangan militer Israel.

“Saya turut menyatakan duka cita yang mendalam atas korban yang meninggal dunia dan luka-luka dari kalangan rakyat Palestina,” kata Puan.

Sebelum Puan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina.

“Atas nama Pemerintah Indonesia, kami ingin menegaskan kembali dukungan Indonesia pada perjuangan bangsa Palestina,” tegas Menteri Retno dalam pidatonya di hadapan massa Aksi Bela Palestina.

Katanya lagi, Pemerintah Indonesia sudah mengirimkan bantuan tahap pertama dan langsung dilepas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini bukan sekadan bantuan dari pemerintah, tapi juga dari rakyat Indonesia,” kata Retno Marsudi. (*)