JAKARTA, Eranasional.com – Pihak Universitas Global Jakarta (UGJ) memberikan klarifikasi terkait pemberitaan negatif terkait kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) yang ramai diperbincangkan di sejumlah media sosial (medsos).

Kegiatan LDKM ini diselenggarakan oleh salah satu Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) Universitas Global Jakarta.

“LDKM adalah salah satu kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh ORMAWA kami. Tujuan utamanya adalah untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kolaborasi, dan pemahaman yang lebih tentang tanggung jawab sosial,” kata manajemen Universitas Global Jakarta dalam pers rilisnya secara tertulis, Kamis (9/11/2023).

Universitas Global Jakarta memastikan kegiatan ini dirancang dengan cermat dan mematuhi pedoman standar keselamatan, juga dengan perencanaan yang matang.

“Kegiatan LDKM bukan bagian dari serangkaian kegiatan Ospek atau PBAK (Pengenalan budaya dan Akademik Kampus),” jelasnya.

Sebagai informasi, seluruh kegiatan ORMAWA harus mematuhi peraturan-peraturan baku yang telah dibuat, dalam hal ini Universitas Global Jakarta sudah mengeluarkan pedoman yang harus dan patut untuk dipatuhi oleh seluruh sivitas akademika universitas, terkhusus lingkungan ORMAWA.

Adapun peraturan-peraturan baku yang dimaksud adalah:

1. Buku Panduan Kegiatan Ormawa Universitas dan

2. Peraturan Rektor No. 4 Tahun 2020, Tentang Kode Etik Mahasiswa, dimana kedua poin tersebut mengantur tentang sikap, etika, tingkah laku dan perbuatan mahasiswa.