Sebagai informasi, Polda Metro Jaya menangkap 15 tersangka, termasuk Freda Kusnadi, terkait kasus mafia tanah yang menjarah rumah ibu Dino Patti Djalal. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, pelaku menampilkan karakter palsu yang seolah-olah sebagai pemilik sah tanah atau bangunan tersebut. karakter palsu tersebut juga dilengkapi dengan identitas palsu.

Tersangka Fredy Kusnadi juga melakukan ini. Ia diketahui telah membayar Rp. 10 juta untuk kepada Aryani memerankan sosok Yusmisnawati yang diketahui adalah keluarga ibu Dino Patti Djalal.

Menurut Tubagus, sosok palsu itu seolah-olah keluarga Dino Patti Djalal telah melakukan pengalihan transaksi hak milik di PPAT. Padahal, selama proses tersebut korban tidak mengetahui prosesnya sama sekali.

“Yang dimaksud dengan figur adalah dilahirkan seseorang yang menyerupai korban, dibuat sedemikian menyerupai korban dilengkapi dengan dokumen KTP palsu kemudian melakukan transaksi di pejabat pembuat akte tanah. Terjadilah pemindahan hak. Padahal yang punyanya tidak tahu karena seolah-olah saja,” papar Tubagus.

Lima belas tersangka memainkan berbagai peran, mulai dari aktor intelektual yang menyiapkan infrastruktur, menyiapkan angka, hingga notaris dan PPAT. (red/detik)