JAKARTA, Eranasional.com – Unggahan foto cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD bersama pilot dan kopilot maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airlines (GIA) di kokpit dengan pose salam metal berbuntut panjang. Pilot dan kopilot tersebut diinterogasi perusahaan.

Untuk diketahui, Jumat (17/11) kemarin, Mahfud mengunggah foto tersebut di akun Instagram miliknya. Pilot dan kopilot dalam postingan tersebut berseragam putih dan dasi hitam ada di barisan depan, sedangkan Mahfud yang mengenakan baju batik coklat berada di belakang mereka.

Dalam caption foto Mahfud menceritakan ketika dirinya sedang menikmati penerbanban, tiba-tiba dihampiri oleh sang pilot.

“Lagi asik2nya menikmati penerbangan Garuda di atas langit Sumatera, tiba2 sy dihampiri pilot pesawat yg sy tumpangi. Capt Widiyatno mengajak ngobrol sebentar, lalu menawari foto bersama di kokpit, wah senangnya saya,” tulis Mahfud.

“Kami foto dgn senyum masing2, tak ketinggalan pula salam #TigaJari dari kami semua. Terima kasih Capt Widi dan Co-pilot Dirga,” tulis Mahfud melanjutkan.

Respon Garuda Indonesia

Menanggapi itu, Direktur Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyayangkan pilot dan kopilot Garuda Indonesia berpose 3 jari.

“Hal itu tentunya menjadi perhatian kami di Garuda,” kata Irfan, Jumat (17/11).

Dia pun berjanji akan mengingatkan kembali soal netralitas kepada seluruh karyawan Garuda Indonesia Airlines. Terlebih, kata dia, jelang Pemilu 2024.

“Ke depannya kami akan kembali mengingatkan kepada seluruh karyawan tentang pentingnya menjaga semangat netralitas, utamanya pada masa-masa sekarang ini,” katanya.

Tak hanya itu, Irfan juga memastikan telah memanggil pilot dan kopilot yang berfoto dengan Mahfud. Dia meminta penjelasan terkait hal tersebut.

“Kami juga telah memanggil awak penerbang tersebut untuk menjelaskan kejadian tersebut serta melakukan pembinaan termasuk terkait dengan aspek prosedur keselamatan penerbangan, sesuai ketentuan kepegawaian yang berlaku,” ujar dia. (*)