JAKARTA, Eranasional.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) meluncurkan website yang diberi nama Rekamjejak.net. Laman ini berisi berisi riwayat hidup ratusan caleg.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan dalam laman tersebut masyarakat bisa mencari tahu mulai dari informasi umum, peran dalam produksi undang-undang, hingga riwayat hukum seorang caleg apakah pernah menjadi terpidana korupsi, dan kasus hukum lainnya yang pernah menyeret nama caleg tersebut.

“Bagaimana rekam jejak mereka (caleg) soal regulasi-regulasi bermasalah, apakah mereka patuh atau tidak patuh dengan LHKPN atau mungkin mereka pernah terindikasi terlibat dalam praktik korupsi,” kata Kurnia di Jakarta, Minggu, 26 November 2023.

Sejauh ini, lanjut Kurnia, ICW telah mengumpulkan dan mengunggah data 491 caleg DPR RI dari berbagai partai.

Diakuinya,  ICW memiliki keterbatasan sehingga tidak mungkin memasukkan data riwayat hidup semua caleg DPR RI.

Untuk itu, ICW yang dibantu Koalisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Pidana Kekerasan (KontraS), Greenpeace, dan Narasi menentukan sejumlah klaster. Di antara klaster tersebut adalah caleg yang masih satu keluarga dengan pejabat teras partai politik.

Kurnia menyebutkan, di antara anak pejabat teras partai itu adalah Ravindra Airlangga, anak Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang maju di Dapil Jawa Barat V.