JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Generasi Digital Indonesia (Gradasi), Muhammad Sidik K Tomsoa melantik dan mengukuhkan pengurus DPD Gradasi DKI Jakarta periode 2013-2028. Acara pelantikan diadakan di Kampus Universitas Budi Luhur, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 12 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Sidik mengatakan bahwa kepengurusan baru DPD Gradasi DKI Jakarta diharapkan bisa mengkampanyekan gerakan literasi digital sehat.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan mengingat selama kampanye Pilpres 2024 kemungkinan akan banyak berseliweran informasi atau berita bohong alias hoaks di masyarakat.

Tak hanya itu, ke depannya pengurus Gradasi DKI Jakarta yang baru dikukuhkan ini dapat bekerja sama dengan institusi-institusi dan kampus-kampus di Jakarta.

“Terutama di tahun politik ini yang diperkirakan akan banyak berita menyesatkan di masyarakat,” ucap Sidik di lokasi acara.

Dia pun meminta kepada pengurus Gradasi secara keseluruhan harus bisa membantu menghilangkan ketimpangan yang terjadi baik di masyarakat perkotaan maupun desa terpencil di Indonesia dengan cara memanfaatkan teknologi digital.

Sementara itu, Dewan Pengarah Gradasi DKI Jakarta Upi Asmaradhana mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong bagaimana literasi digital bertransformasi berbasis inklusi sosial atau proses membangun masyarakat yang adil dan setara.

“Jadi, literasi yang dimaksud bukan sekadar membaca, tapi mendorong produktivitas dan menciptakan kesejahteraan di masyarakat,” kata Upi.

Dia mengungkapkan, saat ini Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gradasi sedang membuat gerakan dengan cara meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang literasi digital sehingga bisa menjadi manusia yang produktif.

Selain itu, Gradasi juga mendorong pemilihan Duta Literasi Digital Provinsi DKI Jakarta.

“Sekarang ini semuanya sedang kami persiapkan. Insya Allah tidak lama lagi dapat diwujudkan,” pungkas Upi. (*)