JAKARTA, Eranasional.com – Potongan video pidato Menteri Perdagangan (Mendag) yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, yang menyinggung ritual salat agama Islam dianggap melecehkan agama viral di media sosial. Video viral tersebut menjadi perdebatan warganet.

Warganet kebanyakan marah setelah melihat video viral Zulkifli Hasan (Zulhas) tersebut dan menganggap sebagai bentuk pelecehan terhadap agama Islam.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Muhyiddin Junaidi ikut menyoroti video viral Zulhas tersebut. 

Menurut Muhyiddin, jika dilihat dari aspek hukum pernyataan Zulhas dalam video viral itu sudah masuk dalam kategori menista agama.

Bahkan dia Zulhas telah memperolok serta mempermainkan agama demi kepentingan politik

Dalam video viral tersebut Zulhas mengatakan bahwa saat ini umat Muslim yang sedang menunaikan ibadah salat banyak yang berdiam diri setelah imam usai baca surat Al Fatihah.

Di video itu juga Zulhas mengatakan orang-orang sekarang saat salat menggunakan dua jari ketika tahiyat, bukan satu jari.

Menurut dia, hal itu dilakukan karena banyak yang cinta capres nomor urut dua, Prabowo Subianto.

Menanggapi guyonan Zulhas terkait ritual ibadah salat tersebut, banyak warganet meminta agar yang bersangkutan ditangkap karena telah menista agama Islam.

Untuk diketahui, pernyataan Zulhas itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel MG Setos, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 19 Desember 2023.

“Itu kalau tahiyatul akhir (seharusnya) kan begini (memperagakan satu jari), sekarang banyak begini (memperagakan dua jari), kayak begini,” kata Zulhas dalam video tersebut. (*)