ERANASIONAL.COM – Kebanyakan masyarakat akan mengeluarkan dana agak lebih dari biasanya menjelang akhir tahun. Entah untuk berlibur ke luar kota atau hanya sekadar kumpul dengan keluarga atau teman.

Tak dipungkiri, hal ini akan berdampak pada stabilitas keuangan kita.

Demi menjaga stabilitas keuangan ke depannya, setidaknya ada beberapa cara dan strategi mengelola keuangan sehingga dapat membuat kita lebih tenang menghadapi tekanan finansial di akhir tahun.

Berikut beberapa cara untuk mengelola keuangan di akhir tahun.

1. Memangkas anggaran makanan dan minuman

Anda dapat mengurangi jumlah pengeluaran untuk belanja makanan dan minuman, terutama bagi yang suka nongkrong di kafe atau makan di restoran. Cara ini sangat mudah dan efektif untuk menghemat uang.

Memangkas anggaran ini menjelang akhir tahun setidaknya dapat membuat perbedaan besar pada kondisi dompet kita.

Namun, bukan berarti kita tidak lagi bisa ngopi atau nongkrong bareng teman-teman. Alternatifnya, kita dapat membeli kopi untuk diseduh sendiri di rumah, hingga belanja makanan dan memasaknya sendiri daripada harus memesan makanan di restoran atau melalui aplikasi.

2. Lebih baik sewa daripada beli

Cara lainnya untuk menekan pengeluaran tanpa meniadakan kebutuhan yaitu lebih baik menyewa atau meminjam daripada membeli.

Maksudnya di sini adalah dengan mengeluarkan dana yang minim, kita tetap dapat merayakan atau menikmati momen pergantian tahun dengan cara menyewa atau meminjam barang-barang yang kita perlukan seperti peralatan masak, dan lain-lain.

3. Pangkas biaya transportasi

Jika di rumah Anda ada lebih dari satu kendaraan, sebaiknya menggunakan satu kendaraan saja untuk sementara waktu, atau memanfaatkan transportasi umum. (*)