MAKASSAR, Eranasional.com – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Jamaluddin Jompa berharap, tahun 2024 minimal 25 persen mahasiswa Unhas dapat KIP kuliah.

Namun kata dia, pemerintah pusat menyiapkannya terlalu sedikit sehingga tidak tercover semuanya.

“Bagi mereka yang telah terverifikasi namun ekonominya tidak mampu maka kita gratiskan pembayarannya,”jelas Prof Jompa, di Gedung Rektorat Unhas, Jumat 29 Desember 2023.

“Jangan sampai karena dia miskin tidak bisa kuliah di Unhas,”tambahnya.

Dia menambahkan untuk beasiswa di Unhas tahun 2024 jumlahnya cukup banyak, mulai dari KIP kuliah dan macam-macam lembaga lainnya, tinggal mahasiswa pilih sesuai kriterianya.

“Untuk tahun 2023 ada 1800 mahasiswa Unhas yang mendapatkan beasiswa, itu pun belum cukup. Mudah-mudahan mahasiswa yang miskin tapi memiliki kemauan keras, itu cita-citanya tidak boleh terhambat hanya karena persoalan biaya kuliah,”jelasnya.

Prof Jompa membeberkan bahwa tiap tahun Unhas menyiapkan dana abadi untuk membiayai sekitar 150 mahasiswa yang kurang mampu.

“Tidak boleh ada yang mengatakan bahwa dia tidak bisa kuliah di Unhas karena tidak punya uang, prodi apa pun itu. Tapi dia harus lulus dulu,”pungkasnya. (*)