SERANG, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan kepala desa se-Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Senin, 8 Januari 2024.

Dalam pertemuan itu Jokowi berjanji besaran dana desa yang dikucurkan akan ditambahkan.

“Saya perlu menyampaikan mengenai ini, agar semangat kita untuk membangun desa tidak luntur. Karena dana desa akan terus ditingkatkan jumlah rupiahnya,” kata Jokowi di Desa Margagiri, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Namun, Jokowi meminta agar para kepala desa se-Kabupaten Serang tidak asal-asalan dalam mengelola dana desa.

“Kalau yang awur-awuran hati-hati. Bapak Ibu diawasi, ada yang mengawasi,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, dana desa harus dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi sesuatu dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di sebuah desa. Katanya, dana desa bisa menjadi pendorong aktivitas produksi di desa.

Lebih lanjut, Jokowi menyebutkan, saat ini terdapat sejumlah infrastruktur yang sudah terbangun dan memberikan manfaat dari penggunaan dana desa yang telah disalurkan pemerintah. Salah satunya, pembangunan jalan desa yang telah mencapai 350.000 kilometer.

“Berarti per desa kurang lebih 4-5 kilometer, karena ada 75.000 desa. Ini hasil yang sangat baik,” imbuhnya.

“Kemudian juga jembatan desa yang sudah terbangun data yang ada di saya 1.900.000 meter jembatan desa. Dan ini harus meningkat terus, meningkat, meningkat,” sambung Jokowi.

Dia mengklaim, pembangunan jalan desa sepanjang 350.000 kilometer tersebut merupakan bukti nyata pemerintah yang tidak hanya melaksanakan pembangunan infrastruktur besar. Menurut Jokowi, jumlah jalan desa yang telah terbangun jauh lebih panjang dibandingkan pembangunan jalan tol di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, kata Jokowi, jumlah pasar di desa yang telah dibangun sebanyak 14.600 pasar. 

“Kemudian embung yang dibangun dari dana desa sudah 6.700. Ini bukan jumlah yang kecil,” tegasnya.

Oleh karena itu, Jokowi mengimbau kepada para kepala desa untuk merencanakan pembangunan infrastruktur dengan baik, salah satunya melalui penyusunan desain bangunan.

Dia memastikan, pemerintah pusat melalui Bappenas siap membantu pemerintah desa dalam menyusun perencanaan tersebut.

“Bappenas siap membantu Bapak, Ibu semuanya untuk mendesainkan. Terpenting, bapak dan ibu kepala desa memiliki antusias yang tinggi, pasti akan dibantu. Insya Allah akan dibantu,” pungkas Jokowi. (*)