ERANASIONAL.COM – Kopi adalah minuman yang digemari banyak kalangan. Dari berbagai varian yang dapat kita nikmati, kopi Robusta adalah salah satunya.

Selama ini kopi Robusta dikenal sebagai kopi pahit. Tapi tahukah Anda, kopi Robusta juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu, 14 Januari 2024, berikut sedikitnya lima manfaat mengonsumsi kopi Robusta bagi kesehatan.

1. Baik untuk kesehatan mulut

Mengonsumsi kopi Robusta dipercaya membantu menjaga kesehatan mulut. Sebuah laporan dalam jurnal berjudul ‘Efficacy of Ribusta Coffe Bean Extract (Coffe Robusta) Against Bacterial Growth of Staphylococcus aureus’ menerangkan bahwa kopi Robusta memiliki efek antibakteri yang mampu menghambat perkembangan bakteri S. aurens, E. coli, dan P. aeruginosa.

Staphylococcus aureus merupakan bakteri yang sering ditemukan dalam rongga mulut dan sering diindikasikan sebagai penyebab infeksi serta masalah gigi atau mulut.

2. Membantu mencegah penyakit saraf

Manfaat kopi Robusta lainnya yaitu membantu mencegah kerusakan sel yang biasanya dihubungkan dengan Parkinson. Fungsi kafein bisa menghambat peradangan di dalam otak atau biasa disebut dengan Alzheimer.