5. Berolahraga secara Rutin

Melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga secara rutin adalah tips menjaga kesehatan di musim hujan yang tidak kalah penting. Berolahraga secara rutin mampu menjaga sirkulasi darah serta mengoptimalkan kinerja sel darah putih yang berperan dalam sistem imunitas tubuh.

Olahraga secara rutin tidak hanya mengoptimalkan daya tahan tubuh, namun juga membantu menjaga berat badan ideal sehingga terhindar dari obesitas.

6. Mencukupi Asupan Vitamin C dan Vitamin D

Vitamin C dan vitamin D adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem imun. Sehingga, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin C dan D, tak terkecuali pada musim hujan.

Kebutuhan vitamin C harian untuk wanita adalah 75 mg dan laki-laki sebanyak 90 mg.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah dan sayur seperti jeruk, stroberi, dan brokoli secara rutin. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C tambahan sesuai anjuran dokter.

Sementara itu, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D dan suplemen tambahan. Adapun kebutuhan harian vitamin D adalah 400-800 iu, tergantung dari usia dan kondisi tubuh.