Timika, ERANASIONAL.COM – Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz 2024 menangkap seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Alenus Tabuni alias Kobuter di Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani, mengatakan Alenus Tabuni diamankan saat berbaur dengan sekelompok masyarakat yang berdiri di depan Puskesmas Ilaga pada Minggu (18/2/2024).

“Diamankan beserta barang bukti, yaitu satu handphone merek Nokia warna hitam dan beberapa aksesori lainnya,” kata Faizal di Timika, Selasa (20/2/2024).

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno, menjelaskan penangkapan anggota KKB itu bermula saat anggotanya melakukan pemantauan di sekitar Ilaga, ibu kota Kabupaten Puncak.

“Tepat ketika di area perempatan Koramil, anggota mendapatkan informasi (adanya terduga KKB) yang mengarah kepada sekelompok masyarakat yang sedang berdiri di depan Puskesmas Ilaga,” kata Bayu.

Personel Damai Cartenz kemudian melakukan pendalaman dengan mendekati sekelompok masyarakat tersebut. Setelah itu, petugas memastikan salah satu di antara kerumunan warga adalah anggota KKB. “Saat ini yang bersangkutan telah diamankan di Polres Puncak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Bayu.

Dia berharap masyarakat dapat berpartisipasi melaporkan segala bentuk aktivitas yang mencurigakan, termasuk keberadaan anggota KKB yang selama ini telah membuat kekacauan.

“Kami harap masyarakat mendukung aparat keamanan dalam memberikan jaminan keamanan di kabupaten Puncak, dan juga kontribusi masyarakat pada upaya pencegahan kriminalitas,” pungkasnya.