Jakarta, ERANASIONAL.COM – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke gudang beras Bulog di Jakarta Utara (Jakut) dan Banten. Kegiatan yang dipimpin langsung Kasatgas Pangan Polri Brigjen Whisnu Hermawan ini dilakukan menyusul kenaikan harga beras yang menembus angka ratusan ribu rupiah.

“Kami dari Satgas Pangan pusat mengecek langsung ke gudang Bulog Jakarta, memastikan beras banyak dan cukup. Kami juga hadir untuk mengecek di pasar-pasar becek dan ritel modern,” kata Whisnu dalam keterangan tertulis, Kamis (22/2/2024).

Whisnu mengatakan Perum Bulog DKI Jakarta dan Banten telah mendistribusikan beras komersil Food Station Tjipinang sebanyak 13.900 ton. Beras itu nantinya disalurkan ke retail modern dan pasar tradisional dengan harga eceran tertinggi (HET).

Selain beras komersil, Perum Bulog DKI Jakarta dan Banten medistribusikan beras Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) sebanyak 3.600 ton ke gudang retail modern. Jenderal bintang satu itu memastikan ketersediaan beras cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Namun, perlu lebih dipercepat sistem pendistribusiannya ke pasar-pasar becek dan ke retail modern sehingga harga bisa kembali normal,” ungkap Whisnu.