Adanya jembatan ini akan memudahkan para pelaku usaha di Bintan untuk mengirimkan hasil pertaniannya ke Batam untuk di ekspor ke Singapura atau negara lain.

Pembangunan jembatan Batam – Bintan diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dari Bintan dan Batam ke Singapura dan sebaliknya. Kerja sama juga akan dilakukan untuk membantu sektor pariwisata melalui Travel Bubble Bridge.

Seperti kita ketahui bersama, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terdampak Pandemi Covid-19.

Bintan merupakan salah satu tujuan wisata Singapura yang ada di Indonesia. Sehubungan dengan itu, Indonesia dan Singapura sepakat membentuk tim untuk membahas kemungkinan terjadinya travel bubble antara Singapura dan Indonesia yang diawali dengan kesepakatan pengaturan perjalanan antara Singapura dan kawasan Batam – Bintan – Karimun (BBK).

Dengan pengaturan perjalanan seperti ini, memungkinkan bagi para pebisnis maupun wisatawan untuk bepergian secara bebas dari kawasan BBK – Singapura dan sebaliknya, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, di masa-masa sulit seperti saat ini, negara-negara ASEAN harus terus menunjukkan solidaritas dengan saling berkolaborasi dan membantu, termasuk meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata,” ujar Menko Airlangga.