Jakarta, ERANASIONAL.COM – Kurator Ibu Kota Negara Ridwan Kamil buka suara soal konsep Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di pulau Kalimantan. Menurutnya, IKN harus menjadi kota yang hidup, dalam artian ramai. Bukan hanya diisi oleh para aparatur negara dan pemerintahannya saja, melainkan para penduduk non-ASN.
Ridwan Kamil menjabarkan, IKN harus menjadi kota yang berhasil layaknya Washington DC di Amerika Serikat. Sebab, selain pemerintahannya ada, penduduk non pemerintah juga ikut mendominasi.

“Pusat pemerintahannya ada, orang-orang non PNS nya mendominasi itu namanya Washington DC. The best capital in the world yang didesain dari nol adalah Washington DC,” ujarnya melalui sosial medianya, Minggu (3/3/2024).

Ridwan Kamil berharap, IKN bukan hanya sekedar pusat pemerintahan saja, yang hanya diisi oleh kantor-kantor pemerintahan. Jika hanya menjadi kota pemerintah, maka akan menjadi seperti Putra Jaya Malaysia dan Canberra di Australia.

“Sisanya rata-rata gagal, kegedean, kekurangan orang. Di Australi itu Canberra, kekurangan orang. Orangnya dikit. Pada Maghrib rada sepi. Saya bilang gak boleh IKN kita begitu. IKN kita harus tetap ramai,” ungkapnya.

Ridwan Kamil menyebut, IKN harus menjadi kota yang serba ada seperti layaknya Jakarta. “Oleh karena itu IKN di desain menjadi kota. Syarat menjadi kota itu fungsinya campuran. Bukan kumpulan kantor, kumpulan segala rupa. Ya sebemarnya kota mah kan segala rupa,” sebutnya.

Bahkan, Ia berharap akan diramaikan oleh fasilitas hiburan yang mendatangkan wisata masyarakat seperti stadion, mal, hingga Universal Studio.

“Stadionnya nanti ada, malnya apalagi, kesehatan, pendidikan. Saya ngusulin kemarin kayak Jaya Ancolnya, kayak Universal Studio pokoknya hiburan apapun lah ya,” jelasnya.